Categories
Usaha Rumah Tangga

Usaha Tanpa Modal

Banyak yang bermimpi punya usaha tanpa modal. Apakah itu mungkin? Bisakah saya melakukannya.

Tulisan kali ini, kita akan membahas usaha tanpa modal. Disini yang dimaksud tanpa modal adalah seminimal mungkin mengeluarkan uang.

Sebelumnya, saya sudah membahas tentang modal usaha rumah tangga. Saudara bisa mendapat keyakinan bahwa setiap manusia diberikan modal dasar oleh Yang Maha Kuasa.

http://noordforce.com/modal-usaha-rumah-tangga/

Sebelum berpikir berapa dana yang perlu disiapkan dalam membuat usaha, lakukan hal ini. Pertama, lihat kedalam diri kita dan cari tahu apa kelebihan dan kekurangan kita.
Kedua adalah perhatikan sekeliling kita. Catat benda apa yang dimiliki dan kira kira bisa berguna. Apakah bisa diberdayakan.
Ketiga nikmati lingkungan kita tinggal dan amati aktitivitas dan keadaan yang ada. Siapa tahu, muncul inspirasi untuk bisa membangun usaha rumah tangga tanpa modal.

Kita membuat usaha menggunakan sumber daya yang sudah ada. Pengeluaran bisa dihemat. Justru harapannya, ada pemasukan melalui pemberdayaan asset asset yang sudah kita miliki dan mungkin yang ada di sekitar kita. itulah mengapa disebut usaha tanpa modal.

Daftar Isi

  1. Apa yang perlu dilakukan
  2. Daftar usaha rumah tangga tanpa modal
  3. Kesimpulan

Apa yang perlu dilakukan

Sebelum memilih usaha apa yang dapat dikerjakan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan:
•Pertama mengetahui kekurangan dan kelebihan diri sendiri
•Kedua dengan mendata asset milik kita yang dapat digunakan
•Ketiga yaitu mempelajari lingkungan tempat tinggal tinggal
•Keempat adalah mencatat kebutuhan masyarakat yang ada disekitar

Dari keempat poin diatas, hal yang penting adalah kita mencatat dan mungkin perlu mendokumentasikan. Ada info info tertulis yang bisa dicatat. Gunakan ponsel pintar bila ada untuk memfoto.

Ilustrasi seorang penulis lepas. Ini adalah salah satu usaha tanpa modal.

Daftar usaha rumah tanpa modal

Berikut ini akan disampaikan beberapa usaha rumah tangga tanpa modal. Siapa saja yang memiliki keahlian ini dapat melakukannya.

  1. Blogger
    Kamus Oxford Languages mendefinisikan blogger sebagai seseorang yang teratur menulis materi untuk blog. Contohnya adalah menulis tentang masakan-masakan, tempat wisata, peluang usaha, dll.
    https://www.lexico.com/en/definition/blogger
    Blog sendiri berarti sebuah situs web atau halaman web yang diperbarui secara berkala. Situs ini biasanya dijalankan oleh individu atau kelompok kecil, yang ditulis dalam gaya informal atau percakapan.
    Siapapun bisa menjadi blogger. Ada banyak ilmu tentang blog dan blogger di internet. Yang dibutuhkan adalah kemauan belajar.
    Syarat untuk menjadi blogger adalah mempunya media elektronik untuk menulis seperti laptop dan juga memiliki paket data. Butuh kuota internet agar Saudara bisa mengunggah (upload) tulisan kita.
    Jadi kalau kita punya computer dan juga paket data yang cukup, mari mulai menjadi blogger. Gunakan layanan gratis di awal dan mulai bekerja. Blogger bisa mendapat pemasukan dari iklan, konten tulisan yang disponsori, penjualan produk, dll.
  2. Penulis
    Bila saudara memiliki keahlian menulis cerita. Mulailah mengetik. Buatlah suatu cerita. Fiksi atau realita. Jadikan sebuah buku elektronik. Ada beberapa perusahaan penerbitan lepas atau mandiri yang bersedia menjual karya Saudara pada toko, aplikasi atau web mereka. Penulis mendapat penghasilan dari penjualan. Biasanya sistemnya bagi hasil antara Saudara dan penerbit tersebut.
    Ketika tulisan dan karya Saudara semakin bagus dan bertambah banyak peminat, peluang berikutnya akan muncul. Banyak film, games, atau kegiatan-kegiatan yang terinspirasi dan bahkan bersumber dari buku cerita atau novel.
  3. Penterjemah
    Dunia yang saat ini seperti tanpa batas termasuk kegiatan ekonomi dan sosial. Banyak organisasi khususnya perusahaan yang membutuhkan penterjemah ketika masuk ke negara tujuan. Mereka meminta tulisan, atau buku atau website nya tuk diubah dalam bahasa local masyarakat setempat.
  4. Penulis lepas
    Bagi saudara yang suka menulis, ada lagi profesi lainnya yang bisa dikerjakan di rumah. Tawarkan keahlian kepada perusahaan-perusahaan dan atau organisasi untuk menjadi penulis lepas. Saudara bisa bekerja secara kontrak atau benar-benar penulis lepas. Saudara bisa memiliki banyak klien ketika keahlian menulis saudara semakin bagus dan disukai banyak orang.

Kesimpulan

Empat kegiatan diatas adalah beberapa aktivitas yang dapat menberikan pemasukan bagi pelaku nya. Kegiatan tersebut dapat menjadi pilihan usaha tanpa modal. bisa dilakukan di rumah ataupun di luar.
Bila dilakukan dengan serius, kegiatan tersebut dapat memberikan pemasukan lebih dari upah minimum pekerja dan bahkan penghasilan manajer perusahaan menengah.
Ada kebebasan waktu dalam mengerjakannya. Tempatnya pun bisa dimana aja.
Silahkan Saudara pilih. Semoga sukses.
Saya akan sambung di tulisan berikutnya..

One reply on “Usaha Tanpa Modal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *