Usaha Tanpa Modal Bidang Olahraga dan Seni

Usaha tanpa modal merupakan keinginan banyak orang. Bagaimana caranya bisa menghasilkan uang tanpa modal. Apalagi bila dapat dikerjakan di rumah sendiri. Tidak perlu keluar rumah, keluarga tetap terurus, dan memiliki pemasukan. Salah satunya adalah usaha tanpa modal di bidang olahraga dan seni.

Nah, saat ini saya akan mengulas bidang usaha lain. Gaya hidup sehat semakin berkembang di Indonesia. Muncul beberapa profesi yang dulu dianggap biasa. Keahlian yang dulu kurang dihargai sekarang menjadi laris dan dibutuhkan.

Daftar Isi:

  1. Apa yang terjadi saat ini
  2. Daftar profesi keahlian yang dapat dijadikan usaha tanpa modal
  3. Kesimpulan

Apa yang terjadi saat ini

Beberapa profesi ini bergerak di bidang olahraga dan kesenian. Seiiring perkembangan zaman, maka aktivitas hidup semakin bervariasi. Kebutuhan manusia semakin bertambah dan luas.
Dulu orang tidak pusing bentuk badan. Efek demam drama Korea, banyak yang terobsesi menjadi kurus, putih, dan cantik.

Beberapa acara konser musik dan peresmian suatu kegiatan yang ditayangkan di televisi menampilkan penari. Artis penyanyi seperti Agnes Monica hampir selalu diiringi penari setiap dia tampil di televisi.

Daftar profesi keahlian yang dapat dijadikan usaha tanpa modal

Berikut beberapa usaha yang dapat berkembang menjadi bisnis di bidang olahraga dan kesenian yang dapat dilakukan tanpa modal :

  1. Pelatih pribadi (personal trainer)
    Wikipedia menjelaskan bahwa pelatih pribadi adalah individu yang telah memperoleh sertifikasi yang menunjukkan bahwa mereka telah mencapai tingkat kompetensi untuk menciptakan dan memberikan program latihan yang aman dan efektif untuk individu dan kelompok yang tampaknya sehat atau mereka yang memiliki izin medis untuk berolahraga. (Sumber : https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Personal_trainer&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search)

Gencarnya promosi gaya hidup sehat, maka profesi ini semakin berkembang. Pelatih pribadi akan mengatur program olahraga sesuai keinginan dan tujuan dari anggota. Ada yang ingin kurus atau berencana untuk mengikuti loma marathon lari. Beberapa memiliki tujuan yang lain.
Saudara yang memiliki keahlian ini dapat mempromosikan jasa menyesuaikan kebutuhan konsumen. Berikan program yang bervariasi agar konsumen Saudara tidak bosan dan menjadi promosi juga ke orang-orang di sekitarnya.

Berikut inspirasi dari seorang pelatih pribadi yang mengembangkan keahliannya menjadi sebuah bisnis olahraga https://mediaindonesia.com/read/detail/282148-agung-mulyawan-pionir-bisnis-pelatih-pribadi.

  1. Instruktur Yoga
    Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga. Sumber https://www.alodokter.com/tidak-perlu-bertubuh-lentur-untuk-ikut-yoga.
    Saudara yang memiliki keahlian ini dapat mengembangkannya untuk menjadi professional. Instruktur yoga adalah seorang profesional kebugaran yang mengajarkan latihan berdampak rendah yang menggunakan postur terkontrol dan teknik pernapasan untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan. Sumber: https://worldscholarshipforum.com/id/yoga-instructor/ .
    Saudara dapat mengambil sertifikasi untuk menjadi instruktur. Ruang tamu di rumah dapat digunakan untuk menerima murid dan mengajar mereka.
  2. Pengajar tari
    Mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa profesi penari itu sangat dibutuhkan. Baik tari tradisional maupun yang modern. Sanggar tari bermunculan di daerah maupun di perkotaan. Profesi pengajar tari semakin dibutuhkan.
    Acara acara peresmian kantor, gedung, ulang tahun, termasuk promosi budaya Indonesia ke luar negeri, sering menggunakan media tari dalam rangkaian acara. Kita sering melihat di televisi. Bila ada seorang pejabat besar datang ke suatu daerah untuk peresmian dan mengunjungi daerah tersebut. Tuan rumah biasa menyajikan dan menyambut dengan tari kebesaran daerahnya.
    Saudara dapat menggunakan pekarangan atau bagian dalam rumah untuk melatih tari. Konsumennya bisa anak-anak yang ada disekitar Saudara tinggal.
  3. Pelatih beladiri
    Beberapa sekolah mempunyai pendidikan ekstra kurikuler beladiri. Ada juga pengurus desa dan atau kelurahan yang memberi pelatihan kepada karang taruna di wilayahnya. Salah satunya adalah pendidikan beladiri.
    Saudara yang memiliki keahlian bela diri dapat memberikan pelatihan kepada masyarakat sekitar khususnya anak anak. Gunakan halaman rumah untuk mengajar mereka. Bisa juga memakai lapangan umum di sekitar tinggal untuk melatih. Anak-anak membayar biaya pelatihan setiap bulan.
Salah satu usaha tanpa modal di bidang olahraga adalah mengajar beladiri yang dapat dilakukan di rumah

Kesimpulan

Empat usaha diatas adalah bisnis yang dapat dikerjakan di rumah dan atau halaman/ pekarangan Saudara semua. Sesuaikan usaha dengan keahlian dan kemampuan yang dimiliki. Saudara bisa berpromosi secara lisan maupun menggunakan media brosur atau broadcast informasi ke relasi dan sekitar.
Semoga Saudara bisa mendapat inspirasi dari informasi yang disampaikan diatas. Maju terus.. sampai bertemu di tulisan berikutnya.