Categories
Uncategorized

Berdagang Menggunakan Internet

Perkembangan infrastuktur teknologi di Indonesia semakin tahun semakin bagus. Hal ini untuk mengimbangi pertumbuhan teknologi dunia. Salah satu manfaatnya yaitu memunculkan banyak usaha-usaha baru di dunia IT atau teknologi informasi. Siapapun bisa berdagang menggunakan internet.

Ada banyak usaha di bidang IT yang dapat dikembangkan tanpa modal. Beberapa usaha lainnya sudah dibahas pada tulisan sebelumnya. Lihat https://noordforce.com/usaha-tanpa-modal/

Saudara cukup memiliki keahlian-keahlian tertentu. Ada yang sederhana dan mudah dipelajari sampai yang terumit. Semua bisa dikerjakan yang penting Saudara memiliki kuota internet dan alat komunikasi seperti laptop atau ponsel cerdas.

Bidang Usaha Memanfaatkan IT yang dapat dikembangkan:

  1. Berdagang online.
    Semakin banyak aplikasi penyedia marketplace digital maupun media social membuat siapa saja bisa mempromosikan barang dagangannya di internet. Cukup foto produk, spesifikasi, informasi pendukung lainnya. Kalau Anda bergerak di bidang jasa, promosikan keahlianmu dan berikan sedikit pengalamanmu sebagai referensi. Tuliskan nama dan kontak yang bisa dihubungi. Pelajari tehnik-tehnik promosi sesuai aplikasi yang anda gunakan agar promosi barang dan jasa anda dilihat banyak orang. Efek positif dari wabah corona tahun 2020 ini adalah semakin meningkatnya penghasilan pebisnis yang berjualan secara online. Berdagang menggunakan internet semakin mudah.
  2. Dropshipper
    Ini adalah solusi bagi anda yang tidak punya usaha, tidak punya modal, namun ingin punya penghasilan dengan cara berdagang. Sederhananya, dropshipper adalah mempromosikan dan menjual barang yang dijual oleh toko orang lain. Anda tidak perlu memberi barang dari toko itu. Cukup minta ijin ke pemilik toko, jual dengan sedikit edit dan tambahkan margin yang anda mau. Bila anda memperoleh pembeli, sampaikan ke penjual. Penjual yang akan membungkus dan mengirim barang yang dipesan kepada anda. Barang dikirim oleh jasa pengiriman. Konsumen senang dapat barang, anda senang dapat margin, pemilik toko senang barang dagangannya laku.

Praktek ini sebenarnya sudah lama ada namun mengalami modifikasi. Dulu, mama saya mengambil baju sample dari pasar. Mempromosikannya di kantor. Bila ada yang laku, Mama minta dibayar di depan. Sepulang kerja mama singgah di toko, mengambil barang tersebut, membawanya ke kantor dan menyerahkan kepada pemesan. Sekarang praktek ini sudah berubah menjadi menggunakan internet.

  1. Affiliate Marketing
    Affiliate Marketing adalah sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang. Yaitu ketika orang tersebut berhasil menjual barang atau jasa sebuah merchant atau perusahaan yang membutuhkan orang lain untuk menjual produknya. Produk/jasa tersebut dipasarkan melalui internet. Sederhananya, anda mendapat komisi ketika berhasil memasarkan produk tersebut. Konsumen membeli barang dan jasa tersebut melalui link afiliasi anda.
berdagang menggunakan sarana internet
Affiliate marketing adalah salah satu cara berdagang produk perusahaan/ toko orang lain menggunakan internet.

Usaha ini relatif sederhana. Anda tidak perlu punya web. Cukup mendaftar ke perusahaan yang membuka program afiliasi. Juga anda tidak perlu membayar untuk menyimpan barang dan jasa tersebut. Yang dibutuhkan adalah mempromosikannya ke sebanyak-banyaknya orang. Komisi dihitung dari sebanyak apa penjualan perusahaan tersebut yang datang menggunakan link atau kode referral Anda.

Diatas adalah tiga dari beberapa jenis berdagang menggunakan internet. Anda bisa manfaatkan kemudahan dan kecepatan akses data saat ini karena teknologi internet semakin bagus di negara kita.

Ayo semangat, jangan bermalasan. Kini siapa saja bisa berdagang menggunakan internet.

Berdoa dan berusaha. Let money come to you.

Referensi https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-affiliate-marketing-dan-tips-sukses-menjalankan-bisnisnya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *